Minggu, 10 Oktober 2010

Speed Reading Technique : Meningkatkan Konsentrasi & Memori Pada Anak dengan Belajar Membaca Cepat


Banjir informasi yang sedemikian hebat ini lantas juga menyisakan suatu kebutuhan baru bagi kita untuk mampu menyerap dan mengolah informasi tersebut. Seiring dengan banjirnya informasi tersebut, ternyata waktu yang tersedia untuk membaca tetaplah 24 jam sehari bagi setiap manusia. Jadi, yang dapat kita lakukan hanyalah meningkatkan kemampuan membaca sehingga dalam waktu yang sama, mampu menyedot informasi yang jauh lebih banyak. Diperlukan cara alternatif untuk membuat kita mampu secara sengaja menginput informasi yang sekaligus dalam jumlah banyak ke dalam pikiran kita. Sebab cara membaca yang biasa tidaklah menjanjikan suatu kecepatan yang cukup. Teknik membaca cepat (speed reading), dengan mengandalkan kemampuan pikiran kita mengenali frasa-frasa kata dan pola dalam kalimat. Cara ini sudah termasuk cepat.

Dalam era yang serba cepat sekarang, tanpa kita kehendaki tuntutan kehidupan meningkat, pembaca tak lagi boleh hanya sebagai membawa kenikmatan, tetapi sebagai alat pencapai percepatan itu sendiri. Artinya orang wajib mengejar semua informasi. Ia harus memiliki keterampilan mengumpulkan data dengan cepat sekaligus benar. Dan disinilah membaca cepat(Speed Reading) menjadi utama. Speed Reading merupakan pelatihan di Indonesia Jenius yang diberikan kepada mereka yang telah mengikuti training aktivasi.
Pengertian Speed Reading adalah metode membaca yang mengutamakan kecepatan dengan menggunakan gerakan mata dan dilakukan tanpa suara yang bertujuan untuk memperoleh informasi secara tepat dan cermat dalam waktu singkat.
Di dalam metode Speed reading terkandung pemahaman yang cepat pula. Bahkan pemahaman inilah yang menjadi pangkal tolak pembahasan, bukannya kecepatan. Akan tetapi, bukan berarti membaca lambat akan meningkatkan pemahaman. Bahkan orang yang biasa membaca lambat untuk mengerti suatu bacaan akan dapat mengambil manfaat yang besar dengan membaca cepat.
speed_reading_indonesiajenius.com-2Dengan begitu kemampuan otak dalam hal peningkatan konsentrasi & memori menjadi meningkat karena terlatih. Dimana kita melakukan membaca cepat dengan konsentrasi yang bagus, dan informasi yang kita baca bisa sedemikian banyak sehingga otak kita secara memori banyak menyimpan memori dalam waktu singkat.
Seorang pembaca yang baik akan mengatur kecepatan dan memilih jalan terbaik untuk mencapai tujuannya. Kecepatan membaca sangat tergantung pada bahan dan tujuan membaca, serta sejauh mana keakraban dengan bahan bacaan. Kecepatan membaca harus seiring dengan kecepatan memahami bahan bacaan.
Speed reading tentu saja bukan tujuan, sebab yang menjadi tujuan dalam Speed Reading adalah memahami dengan cepat dan tepat apa yang menjadi makna dan tema bacaan.
MANFAAT DARI SPEED READING ANTARA LAIN :
  1. Membaca cepat menghemat waktu.
  2. Membaca cepat menciptakan efesiensi.
  3. Semakin sedikit waktu yang diperlukan untuk melakukan hal-hal rutin, maka semakin banyak waktu yang tersedia untuk mengerjakan hal penting lainnya.
  4. Membaca cepat memiliki nilai yang menyenangkan/menghibur.
  5. Membaca cepat memperluas cakrawala mental.
  6. Membaca cepat membantu berbicara secara efektif.
  7. Membaca cepat membantu dalam menghadapi ujian.
  8. Membaca cepat meningkatkan pemahaman.
  9. Membaca cepat menjamin untuk selalu update.
  10. Membaca cepat dapat dikatakan sebagai tonikum mental.
SPEED READING ADALAH METODE, metode ini bisa mengangkat kita dalam labirin bacaan yang tak jelas ditengah banjir bahan bacaan saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar